5 Teh Herbal yang Jarang Diketahui Ini Direkomendasikan untuk Penderita Sembelit
Ilustrasi teh herbal (Foto: Istimewa)

Bagikan:

BELITUNG - Konstipasi atau sembelit menjadikan aktivitas buang air besar jadi tidak nyaman. Sebagian orang mendapati feses yang keluar keras, kering dan bahkan sulit dikeluarkan. Sebagian lagi mengalami sembelit saat buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Namun, tahukah Anda? Teh herbal ternyata bisa mengatasi masalah sembelit baik secara langsung maupun tidak langsung. Faktanya, minuman hangat menjadi cara yang dapat diandalkan untuk menambah asupan air dalam tubuh.

Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik adalah cara alami untuk menyelesaikan permasalahan  sembelit. Lantas, apa saja jenis teh yang dapat dikonsumsi?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa jenis teh yang direkomendasikan untuk meredakan sembelit.

1. Teh senna

Daun senna kerap digunakan untuk mengatasi sembelit. Dikutip dari Alodokter, daun senna memiliki kandungan sennosides yang memiliki efek laksatif. Daun senna dapat dikonsumsi dalam bentuk teh dengan diseduh menggunakan air panas.

"Senna memberikan efek pada otot usus besar dengan menstimulasi kontraksi yang bisa berguna untuk meredakan sembelit," jelas William Chey, profesor ilmu gastroenterologi dan nutrisi di Michigan Medicine, dikutip dari Livestrong.

Umumnya, daun senna akan merangsang pergerakan usus dalam 6-12 jam. Teh senna sebaiknya diminum malam hari sebelum tidur, hal tersebut akan melancarkan proses buang air besar pada keesokan paginya.

2. Teh hitam dan teh hijau

Selain teh senna, konsumsi teh hitam dan teh hijau pun dapat membantu merangsang pergerakan usus.

Dikutip dari Mayo Clinic, teh hitam yang diseduh mengandung kafein cukup tinggi, yakni 47 miligram kafein dalam 236 mililiter teh. Selain itu, dalam volume yang sama, teh hijau memberikan 28 miligram kafein. Kandungan kafein keduanya mungkin kalah dengan kopi, tetapi untuk orang yang memiliki toleransi kafein rendah, hal tersebut tergolong aman.

Selain meredakan sembelit, teh hitam maupun teh hijau dapat memberikan manfaat lebih, yaitu memerangi inflamasi dan mendukung sistem imun.

3. Teh chamomile

Teh chamomile memberi efek menenangkan sehingga sering kali diandalkan untuk penderita yang sedang stress atau cemas. Namun, teh satu ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk meredakan sembelit. Dilansir dari Medical News Today, konsumsi secangkir teh chamomile sesudah makan atau di penghujung hari dapat membuat otot usus menjadi rileks dan mempercepat waktu antara makan dan pergerakan usus.

4. Teh jahe

Tak jarang, sembelit juga dapat membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman. 1-2 cangkir teh jahe per hari setelah makan dapat membantu merangsang pergerakan usus untuk mempermudah pencernaan makanan. Pada sistem pencernaan, Teh jahe juga bisa meredakan iritasi. Anda dapat memperoleh beberapa manfaat lain dalam secangkir teh jahe.

5. Teh peppermint

Saat badan kurang fit, hidung tersumbat dan menyebabkan demam, teh peppermint mampu melegakan pernapasan dan memberikan rasa nyaman. Ternyata teh ini juga bermanfaat untuk menyelesaikan masalah pencernaan.

Kandungan mentol yang sejuk akan membuat perut rileks, sementara sisa makanan di usus akan dicerna dengan tuntas. Secangkir teh peppermint setelah makan berguna untuk orang yang mengalami sembelit dan rasa tidak nyaman dalam perut.

Ikuti info dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!