5 Rekomendasi Wisata Alam di Tana Toraja, Direkomendasikan bagi Pencinta Alam dan Ketinggian!
Tana Toraja (Foto: Istimewa)

Bagikan:

BELITUNG - Sulawesi dikenal sebagai salah satu pulau di Indonesia yang memiliki wisata alam sangat indah. Keunikan alam dan adat budayanya mampu menyita perhatian para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru.

Salah satu daerah yang terkenal dengan wisata alamnya yang bagaikan replika surga adalah Tana Toraja. Tidak hanya wisata alamnya, pengunjung akan dibuat takjub dengan wisata adat dan kekayaan budaya di sana.

BACA JUGA:


Berikut adalah lima rekomendasi wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Tana Toraja.

Desa Adat Kete' Kesu

Selain mengagumi dan menikmati pemandangan alam di Toraja, jangan lupa pula untuk berkenalan dengan keunikan adat istiadat di sana. Desa adat ini ditetapkan sebagai lokasi wisata alam dan budaya yang peninggalan sejarahnya sudah diakui oleh UNESCO.

Terletak di Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, desa ini memiliki pesona rumah adat berjejer yang disebut Tongkonan.

Selain itu Desa Adat Kete' Kesu juga terkenal dengan keindahan kerajinan tangannya seperti pahatan dan berbagai macam suvenir lainnya. Hal unik yang benar-benar tidak boleh Anda lewatkan ketika ke Kete' Kesu adalah melihat pemakaman warga dan leluhur Tana Toraja sesuai dengan adat istiadatnya yang sakral.

Terkadang, bagi pengunjung yang beruntung, akan menyaksikan upacara adat Rambu Solo dan Rambu Tuka yang diselenggarakan di desa tersebut.

Bukit Ollon

Bukit Ollon adalah salah satu destinasi wisata alam di Tana Toraja yang wajib dikunjungi para wisatawan. Jalan menuju bukit ini cukup terjal dan ekstrem, namun rasa letih pengunjung akan terbayar saat melihat pesona Bukit Ollon yang luar biasa. Di sini Anda dapat menikmati hamparan bukit-bukit hijau yang memesona sejauh mata memandang layaknya berlibur ke negara Swiss.

Anda juga dapat berkemah di perbukitan dan juga berkuda karena warga sekitar menyediakan penyewaan kuda dengan harga yang terjangkau.

Bukit Ollon terletak sekitar 40 km dari pusat kota Makale, tepatnya di Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja.

Patung Yesus Buntu Burake

Patung Yesus Buntu Burake dikenal sebagai wisata alam dan juga wisata religi yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Pasalnya Patung Yesus Buntu Burake atau juga disebut dengan Patung Yesus Memberkati ini adalah patung Yesus tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 40 meter. Ketinggian patung ini berhasil mengalahkan patung Christ the Redeemer di kawasan Rio de Janeiro, Brasil yang memiliki ketinggian sekitar 38 meter.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam Tana Toraja di jembatan kaca sepanjang 90 meter dari ketinggian puncak bukit Buntu Burake pada 1.700 mdpl. Cukup memicu adrenalin, bukan?

Lolai

Lolai atau sering disebut dengan nama 'Negeri di Atas Awan' adalah tempat wisata alam yang berada di Benteng Mamulu, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara. Di sini Anda dapat menikmati keindahan gumpalan awan yang memukau serta pemandangan gunung-gunung di sekitarnya.

Jika Anda bertujuan menikmati pemandangan yang luar biasa ini, sebaiknya Anda datang sejak dini hari. Anda akan melihat indahnya sunrise dari puncak Lolai sambil menikmati secangkir kopi yang nikmat.

Batutumonga

Jika belum puas dengan negeri di atas awan Lolai, Anda juga bisa menikmati keindahan awan dan hamparan sawah yang luas di Batutumonga yang terletak di kawasan kaki Gunung Sesean yang berjarak 24 km dari pusat kota Rantepao, Toraja Utara. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi kawasan makam batu Lo'ko Mata yang tak jauh dari lokasi tersebut.

Itulah lima destinasi wisata alam di Tana Toraja yang wajib Anda catat ke dalam daftar kunjungan saat berlibur. Dan yang terpenting, jangan lupa menjaga etika dan adat istiadat masyarakat setempat sebagai bentuk penghormatan.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait