Susah Cari Waktu Buat Rapat dengan Rekan Kerja? Begini Cara Atur Jadwal yang Mudah di Gmail
Cara mengatur jadwal rapat di Gmail (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Menjadwalkan pertemuan dengan orang-orang sibuk atau ketika Anda sedang sibuk bisa sangat merepotkan. Apalagi, ketika jadwal Anda dengan orang tersebut tidak sama, dan sulit menemukan waktu luang.

Untungnya,Anda dapat menghemat waktu dan energi saat menjadwalkan rapat dengan fitur Gmail, yang membantu Anda menemukan slot untuk rapat langsung dari kotak masuk, bahkan tanpa perlu membuka Google Calendar secara terpisah. 

Berikut ini adalah cara menemukan waktu untuk bertemu di Gmail:

  1. Tulis email baru dengan alamat email penerima, atau buka balasan email yang Anda terima dari seseorang yang perlu Anda temui
  2. Klik ikon Kalender di bagian bawah pesan Anda. Jika Anda tidak dapat melihat opsi ini, klik ikon Opsi lainnya (tiga titik) dan arahkan kursor ke Set up a time to meet
  3. Pilih Offer times you’re free
  4. Kalender Anda akan terbuka di panel di sebelah kanan email. Lalu, pilih satu atau lebih tanggal dan waktu senggang Anda. Anda bisa menambahkan beberapa slot waktu per hari atau menambahkan slot waktu pada hari yang berbeda.
  5. Klik Next, lalu isi kolom yang relevan (judul rapat, durasi, lokasi, dan deskripsi)
  6. Klik Add to email untuk mengirimkan waktu yang Anda usulkan ke penerima email.

Dari sana, penerima email dapat memilih waktu yang paling sesuai dengan jadwal luang mereka. Setelah mereka memilih, acara tersebut akan muncul di kedua kalender Anda.