Laris Manis, Pihak Dealer di AS Naikkan Harga Toyota Land Cruiser Terbaru Hampir Sentuh Rp2 Miliar
Toyota Land Cruiser 2024 (Dok. Toyota USA)

Bagikan:

JAKARTA - Peristiwa markup harga kembali dilakukan sejumlah dealer di Amerika Serikat (AS) khusus untuk Land Cruiser terbaru. Kenaikan ini dilakukan karena dealer melihat permintaan atas kendaraan ini yang tinggi.

Dilansir dari Carscoops, Selasa, 7 Mei, markup terbesar dilakukan oleh dealer Koons Tysons Toyota di Vienna, Virginia. Mereka melakukan kenaikkan harga hingga 107.169 dolar AS (setara dengan Rp1,7 miliaran) atau lebih tinggi dari harga yang disarankan 77.169 dolar AS (sekitar Rp1,2 miliaran).

Sebelumnya pada akhir April lalu markup harga dilakukan sejumlah dealer seperti dealer Maita Toyota di Sacramento, California di mana menawarkan Land Cruiser First Edition seharga 91.295 - 91.645 dolar AS (sekitar Rp1,4 miliaran) atau naik 14.950 dolar AS (Rp242,5 jutaan).

Kenaikan harga juga terjadi Magnussen Toyota of Palo Alto yang menawarkan dua Land Cruiser First Edition senilai 92.473 - 93.304 dolar AS (setara Rp1,5 miliaran) atau naik 15.000 dolar AS dibandingkan harga yang direkomendasikan.

Fenomena ini tidak hanya terjadi pada Toyota Land Cruiser, melainkan praktik ini juga dilakukan pada sejumlah model mulai dari Dodge Challenger, Ford Mustang, hingga Hyundai Ioniq 5 N.

Meskipun dealer mungkin mengacu pada prinsip penawaran dan permintaan, tetap sulit untuk menerima bahwa mereka secara terbuka menaikkan harga tanpa alasan lain selain yang mereka bisa, dan mengambil keuntungan dari pelanggan yang benar-benar menginginkan Land Cruiser baru.

Namun, hal positif dari praktik tersebut adalah menyeleksi sejumlah pembeli potensial yang menolak membayar harga selangit ini.

Dibangun di atas platform TNGA-F khusus untuk kendaraan besar, setiap varian Land Cruiser 2024 didukung oleh powertrain hybrid empat silinder 2.4 liter turbocharged yang memberikan daya maksimal 326 dk dan torsi 630 Nm. Sistem penggerak empat roda atau 4WD dipadukan dengan transmisi delapan percepatan, memastikan performa maksimal dalam menjelajah medan off-road.

Sebagai mobil hybrid, Land Cruiser 2024 juga ditanamkan baterai berkapasitas 1,87 kWh NiMH untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik.