<i>Long Weekend</i>,  Ada 60.146 Kendaraan Bakal Melintas di Tol Balikpapan-Samarinda
Gerbang Tol (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui anak usahanya yakni Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan di Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) pada pekan ini.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda Muhammad Taufik mengatakan, peningkatan lalu lintas (lalin) itu terjadi seiring dengan adanya hari libur nasional peringatan Kenaikan Yesus Kristus yang jatuh pada 9 Mei mendatang.

"Diperkirakan 60.146 kendaraan akan melintasi ruas tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda pada libur panjang mulai 8-12 Mei 2024," ujar Taufik dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Mei.

Taufik merinci, angka tersebut meningkat sebesar 15,17 persen dibandingkan volume lalin harian normal tahun 2024 atau sebanyak 52.224 kendaraan.

Sejalan dengan hal itu, PT JBS mengimbau kepada pengguna jalan tol sebelum memasuki jalan tol untuk memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima.

Di samping itu, para pengendara juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

"Jika lelah berkendara, para pengguna Jalan Tol Balikpapan Samarinda dapat beristirahat dengan memanfaatkan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang berada di KM 36 A arah Samarinda dan KM 37 B arah Balikpapan serta memanfaatkan fasilitas yang tersedia, seperti masjid, toilet dan tenant makanan," imbuhnya.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam Jasa Marga Group di nomor 14080, aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android jika membutuhkan bantuan dan informasi jalan tol dan media sosial (Instagram @tolbalikpapansamarinda).